Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel
 
Pustakawan Memegang Peranan Penting dan Menjadi Ujung Tombak Perpustakaan
 
“Pustakawan Memegang Peranan Penting Dalam Perpustakaan”, demikian disampaikan oleh Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Provinsi Riau, Bapak Drs. Rizka Utama N, M.Pd. dalam sambutannya berkenaan dengan pembukaan Bimbingan Teknis Perhitungan Angka Kredit Pustakawan yang dilaksankan selama 5 (lima) hari di Hotel Furaya Pekanbaru dimulai dari tanggal 29 Oktober s.d 2 November 2012.
Selanjutnya Kepala BPAD Provinsi Riau mengatakan bahwa: “Pustakawan merupakan ujung tombak kegiatan di perpustakaan”. Hal ini sangat dimaklumi seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang ada sekarang ini, seorang pustakawan dituntut harus bisa bisa mengelola perpustakaan sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada. Bahkan, bukan hanya pustakawan saja yang harus dituntut untuk itu melainkan juga para pengelola perpustakaan seperti Kepala, Pejabat Struktural harus mendukung melalui program atau kegiatan.
Bimbingan teknis perhitungan angka kredit pustakawan diikuti oleh 51 (lima puluh satu peserta) orang pustakawan yang ada di Provinsi Riau. Peserta bukan hanya dari Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Riau saja melainkan juga ada peserta yang berasal dari pustakawan Sekretariat DPRD Provinsi Riau, pustakawan Kabupaten Kampar, pustakawan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Provinsi Riau dan juga pustakawan dari perguruan tinggi yaitu Universitas Riau.
Bimbingan teknis yang mengambil tema: “Dengan Bimbingan Teknis Perhitungan Angka Kredit Pustakawan Menjadikan Pustakawan yang Terampil dan Berpretasi” agar para pustakawan lebih memahami cara-cara memperoleh angka kredit sehingga lebih terampil dan bisa berprestasi lebih tinggi lagi. Para pemateri berasal selain dari Perpustakaan Nasional RI Jakarta, juga berasal dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau serta dari Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Riau yang disampaikan oleh Kepala Badan.      
Bimbingan teknis yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pustakawan dalam menghimpun, menyusun dan menghitung angka kredit serta meningkatkan citra profesi pustakawan sebagai profesi yang dibanggakan ini, akan dilanjutkan dengan kegiatan studi banding ke perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Perpustakaan BPAD Provinsi Riau Bapak Anasri, SH dalam laporannya selaku Panitia Pelaksana. *** (KUN WARDOYO, Pustakawan Perpustakaan Soeman HS Provinsi Riau)