Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

PEKANBARU: Pengelolaan perpustakaan Soeman HS menarik perhatian para pengelola pustaka diseluruh Indonesia, bukan hanya melihat kemegahan arsitektur bangunan tetapi sistem pengelolaan yang dinilai memberikan kemudahan kepada pengunjung. "Kami melihat dari segi bangunan memang termegah di Indonesia, tapi yang menarik jumlah pengunjung pustaka rata-rata mencapai seribu perhari,"ujar Mulyati, ketua rombongan pustakawan dari Kota Sawahlunto Sumatera Barat.

Dikatakan Mulyati, rombongan ingin belajar berbagai program yang diterapkan di perpustakaan Soeman HS, yang dinilai mampu mendongkrak jumlah pengunjung. Kami ingin belajar program seperti apa yang diterapkan sebagai terobosan untuk meningkatkan jumlah pengunjung,"jelas Mulyati disela kunjunganya.

Diakui Mulyati, kondisi pustaka yang berada di Sawah Lunto sangat jauh berbeda dengan pustaka yang dimiliki Provinsi Riau. "Pustaka kami cukup sederhana karena baru saja menjadi kantor, sebelumnya masih dalam bentuk UPTD dibawah naungan dinas,"ujarnya.

Untuk itu demi pengembangan pustaka dan pelayanan kepada masyarakat, Mulyati dan rombongan melakukan Kungker ke Pustaka Soeman HS. "Kami sangat tertarik dengn bilik melayu yang khusus menyediakan literatur dan buku tentang melayu, disana kami juga punya tokoh terkenal seperti M. Yamin, dan kami juga ingin membuat itu,"tambah Mulyati.

Yang paling menarik menurut Mulyati, tentang pengelolaan data buku melalui sistem Stock Of Name. Disitu kita bisa lihat seluruh koleksi buku dan dari segi keamanan cukup terjamin. "Disini juga diterapkan sistem cip disetiap koleksi bukunya jadi sangat aman,"pungkasnya.